Cara Menghilangkan Jerawat Bernanah Secara Medis dan Tradisional

Rasa-rasanya tidak ada orang di dunia ini baik wanita atau pria yang tidak menginginkan mempunyai kulit wajah yang bersih, halus, dan bebas dari jerawat. Tetapi sayangnya ada beberapa orang yang memang terlahir dengan kondisi kulit yang sensitif dan sangat mudah berjerawat, bahkan jerawat batu yang bernanah. Cara menghilangkan jerawat bernanah cukup banyak dan bisa anda coba untuk mengatasi masalah di wajah. Pilihannya adalah penanganan secara medis dan secara tradisional.

 

Menghilangkan Jerawat Bernanah Secara Medis

 

Sebelum membahas metode menghilangkan jerawat bernanah secara medis pada klinik-klinik kulit, ada baiknya kita mengenal lebih dahulu apa yang disebut jerawat bernanah tersebut. Jerawat yang sampai meradang dan bernanah pada umumnya merupakan jerawat batu dengan karakteristik muncul bergerombol berbintil-bintil besar, berwarna kemerahan, bertekstur kasar, dan sering menyebabkan rasa pedih bercampur gatal. Bila jerawat ini pecah dan menyebabkan luka, bila telah sembuh akan meninggalkan bekas berupa parut atau bagian kulit yang tak merata. Hal ini terjadi karena rusaknya jaringan di bawah kulit.

 

Prosedur medis yang umum dilakukan oleh dokter kulit untuk mengatasi masalah jerawat bernanah ini adalah dengan mengeluarkan isi jerawat yang disebut milium dengan sebuah alat yang berbentuk jarum panas. Metode tersebut dinamakan electrocauterisasi dan hanya boleh dilakukan oleh tenaga ahli yang berkompeten pada bidangnya. Selain itu dokter juga dapat menyuntikkan obat yang disebut kortikosteroid yang berfungsi untuk mengeringkan dan menghilangkan jerawat batu Anda. Kadang kala bila jerawat benar-benar parah, dokter juga dapat meresepkan antibiotik sebagai pengobatan dalam seperti misalnya doxycycline.

 

Cara Menghilangkan Jerawat Bernanah Secara Tradisional

 

Selain menggunakan metode medis dengan mengunjungi dokter kulit, Anda dapat mempercepat penyembuhan jerawat dengan menerapkan cara menghilangkan jerawat bernanah secara tradisional dengan masker buah-buahan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan adalah buah lemon atau jeruk nipis, buah bengkoang, buah nanas, mentimun, daun seledri, batang lidah buaya, dan juga putih telur ayam kampung.

 

Cara membuatnya sangat mudah, Anda hanya perlu menghancurkan bahan-bahan alami tersebut dengan blender atau parut kemudian langsung mengoleskannya pada wajah yang telah dibersihkan. Untuk menambah khasiat masker berbahan alami buatan Anda sendiri, Anda bisa menambahkan minyak zaitun atau madu murni. Sebagaimana yang kita ketahui, madu mempunyai kandungan zat aktif anti bakteri dan anti jamur yang cukup efektif untuk membasmi bakteri pemicu jerawat pada wajah kita.

 

Jerawat batu yang bernanah dapat dipicu oleh terlalu banyaknya produksi minyak pada wajah kita oleh kelenjar minyak sehingga debu dan kotoran lebih mudah menempel sehingga menutup pori-pori. Oleh karena itu selain menerapkan cara menghilangkan jerawat bernanah sebagaimana yang telah diulas di atas, rajinlah merawat wajah Anda dengan cara membersihkannya di waktu pagi dan menjelang tidur.

Incoming search terms:

  • cara mengeringkan jerawat
  • cara menghilangkan jerawat bernanah tanpa bekas
  • menghilangkan jerawat meradang dalam 1 hari
  • cara mengeringkan jerawat dengan cepat
  • Obat jerawat medis
  • jerawat bernanah
  • cara menghilangkan jerawat bernanah dan bekasnya
  • cara mengeringkan jerawat bernanah
  • Mengeringkan jerawat
  • Mengeringkan jerawat dengan cepat
  • obat jerawat secara medis
  • cara mengatasi jerawat bernanah dan gatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *