Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Tanpa Obat Dokter

Siapa bilang jerawat hanya muncul di bagian wajah? Jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lain seperti dada dan punggung. Meski mengganggu, cara menghilangkan jerawat di punggung bisa dibilang susah-susah gampang. Mudah karena kulit punggung cenderung lebih tebal dibanding kulit wajah sehingga tidak terlalu sensitif. Susahnya, dibutuhkan produk khusus dan sulitnya menjangkau area punggung bisa menjadi kendala tersendiri.cara menghilangkan jerawat di punggung

Meski tidak ada penjelasan ilmiah soal penyebab munculnya jerawat di punggung, tetapi hal tersebut cenderung sering terjadi akibat produksi sebum yang terlalu berlebih, sehingga pori-pori dan folikel rambut jadi tersumbat dan menarik bakteri. Penyebab utama lain adalah karena stress, makanan yang berminyak, keringat berlebih, serta pengaruh genetik juga turut andil dalam menyebabkan jerawat di punggung. Jerawat di punggung cenderung lebih sulit diatasi karena beragam faktor, seperti kulit yang terus bersentuhan dengan pakaian, serta keringat yang bisa memperparah serta membuat kulit iritasi. lalu bagaimana cara menghilangkannya?

 

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung dengan mudah dan aman.

1. Perawatan Mandi

Saat mandi, anda bisa mengunakan spons dengan permukaan agak kasar untuk menggosok punggung anda. Namun demikian, pastikan anda tidak menggosok terlalu keras agar tidak menimbulkan iritasi lebih lanjut. Cara menghilangkan jerawat di punggung juga bisa dilakukan dengan menggunakan sabun khusus yang bisa membasmi bakteri penyebab jerawat dan mencegahnya semakin parah.

2. Berendam di Air Garam

Saat anda berlibur, sempatkanlah pergi ke pantai. Merendam punggung anda dalam air garam selama 10 menit, atau berjemur selama 10-15 menit bisa mambantu mengeringkan jerawat di punggung. Namun ingat, jangan terlalu lama karena bisa-bisa kulit anda akan terbakar dan menjadi gosong.

3. Ubah Ph Kulit Anda

Jika anda merasa kulit anda sangat rentan akan jerawat, menentukan Ph kulit akan sangat membantu. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa Ph kulit di bawah 5 (idealnya 4.7) sangat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih sehat. Terlalu sering mandi dan penggunaan sabun bisa menyebabkan Ph kulit naik di atas 5, dan membuat kulit kering dan rentan berjerawat. Untuk itu, coba gunakan filter dalam kepala shower anda sebagai alternatif cara menghilangkan jerawat di punggung.

Sebelum mandi, siapkan campuran sari cuka apel serta air minum yang telah disaring kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Setelah mandi, semprotkan larutan cuka tersebut pada punggung anda dan biarkan hingga kering. Selain campuran air dan cuka apel, anda juga bisa menggantinya dengan campuran bedak cair dan air yang telah disaring.

4. Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid

Penggunaan produk seperti sabun mandi yang mengandung salicylic acid yang oil-free merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat di punggung. Pusatkan pada area punggung yang berjerawat dan tunggu beberapa saat sebelum dibilas.

4. Ubah Cara Berpakaian dan Gaya Hidup anda

Bagi wanita, sangat penting untuk memakai bra yang bersih setiap hari. Jike perlu gunakan bra tanpa tali untuk mencegah gesekan dengan area yang berjerawat. Tak lupa juga pakailah pakaian yang longgar, kalau bisa yang terbuat dari bahan katun karena akan menyerap keringat dari kulit anda.

Cara menghilangkan jerawat di punggung lainnya adalah dengan mandi seusai berkeringat. Aktifitas yang padat serta keringat berlebih sangat berpotensi menumbuhan bakteri dan jamur pada kulit.  jadi pastikan anda selalu membersihkan diri setelah beraktifitas. silahkan vote dan share jika anda merasa tulisan ini bermanfaat di G+

Incoming search terms:

  • sabun untuk menghilangkan jerawat di punggung
  • ekesehatan com
  • cara mengatasi jerawat di punggung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *