Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Kosmetik dan Obat-obatan

Setiap orang, terutama remaja yang telah memasuki masa puber, pasti pernah mengalami jerawat. Tetapi pada beberapa orang, jerawat tetap bisa timbul setelah memasuki usia dewasa. Walaupun tergolong masalah yang ringan (bahkan tidak dianggap sebagai penyakit), tampaknya semua orang enggan mengalami permasalahan kulit yang satu ini karena mempengaruhi kesempurnaan penampilan dan dapat menghilangkan rasa percaya diri. Tetapi jangan khawatir karena sebenarnya jerawat dapat dicegah dan disembuhkan, sebaiknya sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat, kita tahu terlebih dahulu bagaimana jerawat dapat muncul pada wajah atau bagian tubuh lainnya, seperti punggung.

Di dalam pori-pori kulit kita  terdapat sebuah kelenjar yang disebut kelenjar sebaceous dan berfungsi untuk menghasilkan minyak alami (sebum) yang berguna untuk menjaga kulit kita tetap segar dan elastis. Setiap hari sel-sel kulit kita akan mengelupas menjadi sel kulit mati untuk digantikan dengan sel kulit baru. Bila kita tidak rajin membersihkan wajah, sel kulit mati tersebut bisa menumpuk dan bila bercampur dengan minyak kemudian terinfeksi oleh bakteri, maka akan timbul jerawat pada wajah kita.cara menghilangkan jerawat

 

Penyebab Jerawat

Penyebab timbulnya jerawat dapat mempengaruhi cara menghilangkan jerawat yang akan anda pilih. Pada umumnya jerawat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya hormon androgen yang dapat memicul produksi minyak secara berlebihan dari kelenjar sebaceous sehingga merangsang timbulnya jerawat. Oleh karena itu, remaja yang mengalami  pubertas, wanita yang menjelang menstruasi, dan wanita hamil cenderung berjerawat karena hormon androgen yang aktif. Propionibacterium juga merupakan biang keladi timbulnya jerawat karena bisa menimbulkan peradangan pada kulit. Penyebab jerawat yang terakhir adalah kebiasaan buruk kita yang kurang menjaga kebersihan wajah sehingga sisa-sisa make up dan kulit mati menumpuk pada wajah, menyumbat pori-pori, dan pada akhirnya menimbulkan jerawat.

Tips Untuk Menghilangkan Jerawat

 

  • Membersihkan wajah dua kali sehari

Cara menghilangkan jerawat yang pertama diawali dari ketelatenan anda merawat wajah. Jerawat yang timbul pada wajah remaja biasanya lebih parah daripada jerawat yang menyerang orang dewasa, oleh karena itu sebaiknya dipilih produk pembersih kulit yang lembut dan tidak mengandung alkohol. Produk pembersih ini berfungsi untuk membersihkan kotoran akibat debu dan make up, mengurangi minyak, sekaligus memusnahkan bakteri penyebab jerawat. Tetapi ingat, jangan terlalu sering membersihkan wajah karena justru akan membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya sehingga terjadi iritasi dan jerawat bisa semakin parah. Dua kali sehari adalah jumlah maksimal Anda boleh membersihkan wajah.

 

  • Menghindari makanan berlemak

Selama kulit ditumbuhi jerawat kurangilah konsumsi makanan berlemak seperti kentang goreng, coklat, kacang, dan sebagainya. Makanan berlemak akan merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak minyak dan akibatnya jerawat akan tumbuh semakin subur. Mengurangi konsumsi makanan berlemak merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat dari dalam.

 

  • Pakai ear phone

Selama wajah berjerawat usahakan jangan berbicara langsung dengan ponsel menempel pada wajah karena debu dan kotoran yang menempel pada ponsel bisa mengotori wajah dan membuat jerawat kian membandel. Sebaiknya gunakanlah ear phone untuk menelepon agar wajah tidak berkontak langsung dengan ponsel Anda. Selain itu cucilah rambut secara teratur karena minyak dan kotoran pada rambut yang menempel pada wajah juga bisa mengontaminasi wajah Anda.

 

  • Minum lebih banyak air putih

Cara menghilangkan jerawat berikutnya adalah dengan banyak minum air putih. Sementara singkirkanlah dahulu soda, es krim, dan minuman ringan favorit dari lemari es Anda, dan gantikanlah dengan lebih banyak meminum air putih. Hal ini akan menguras kotoran dalam tubuh, termasuk kotoran penyebab jerawat sehingga jerawat akan lebih cepat sembuh. Selain itu air putih sangat membantu dalam proses metabolisme  tubuh dan mempercepat proses regenerasi kulit.

 

  • Jauhkan tangan dari wajah

Usahakan agar tangan Anda tidak terlalu sering memegang jerawat karena hal itu akan memperparah jerawat Anda. Mengapa demikian? Karena tangan sangat rawan menjadi sarang bakteri setelah beraktivitas sehari-hari, oleh karena itu kebiasaan memegang jerawat bisa memicu peradangan yang parah pada jerawat. Jangan pernah memencet jerawat untuk mengeluarkan isinya karena hal itu akan menimbulkan bekas permanen berupa scar atau bintik hitam pada wajah.

 

  • Menerapkan pola hidup sehat

Kunci utama dari cara menghilangkan jerawat adalah gaya hidup. Saat sedang berjerawat usahakan untuk memperbaiki pola makan Anda dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat. Serat bermanfaat untuk membuat proses pembuangan limbah dari tubuh berjalan lancar termasuk melarutkan lemak dari tubuh hal ini akan berimbas pada kulit wajah Anda karena produksi minyak pun akan berkurang.

Selain menerapkan pola makan yang sehat, disarankan Anda juga beristirahat dengan cukup, karena waktu regenerasi sel yang terbaik, termasuk regenerasi sel kulit terjadi pada saat Anda sedang tertidur lelap. Pada kondisi terlelap tubuh akan memperbaiki lapisan kulit yang rusak sekaligus melawan bakteri penyebab jerawat.

 

Pertolongan Pertama Terhadap Jerawat

Sungguh menyebalkan jika jerawat tiba-tiba muncul saat Anda akan menghadiri acara istimewa seperti pesta atau acara penting seperti presentasi kepada klien. Jangan panik dulu karena di toilet Anda sendiri terdapat bahan yang dapat menjadi obat jerawat sementara sampai Anda mempunyai kesempatan untuk menerapkan cara menghilangkan jerawat yang sesungguhnya. Bahan tersebut adalah pasta gigi, tetapi bukan odol yang biasa, melainkan pasta gigi yang terbuat dari bahan alami atau sering disebut organik. Pasta gigi mempunyai khasiat membersihkan kotoran dan minyak pada kulit yang ditumbuhi jerawat, mengeringkan jerawat, dan memusnahkan bakteri penyebab jerawat karena terdapat kandungan triklosan.

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini pun sangat mudah. Anda tinggal mengoleskan pasta gigi pada tempat yang ditumbuhi jerawat. Ingat hanya pada area yang terdapat jerawat, tidak perlu di seluruh wajah karena akan membuat wajah Anda terasa tidak nyaman. Biarkan semalaman hingga mengering dan keesokan harinya Anda tinggal membilas wajah Anda. Niscaya jerawat kemerahan yang mengganggu penampilan akan mengempis dan Anda akan tampil penuh percaya diri kembali.

Namun perlu diingat, pasta gigi ini bagaimanapun juga hanyalah cara untuk mengobati jerawat pada saat darurat sehingga Anda tidak disarankan untuk menggunakan cara ini dalam jangka waktu yang lama karena bahan-bahan yang terkandung dalam pasta gigi tidak dirancang untuk kesehatan wajah. Terlalu sering menggunakan odol untuk mengobati jerawat dapat membuat kulit Anda kering dan teriritasi.

 

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Tahukah Anda bahwa di dapur Anda terdapat bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang  membandel? Bahan-bahan tersebut adalah madu, kulit jeruk lemon, dan mentimun. Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan tersebut. Anda tinggal mengoleskan madu kepada kulit yang berjerawat lalu tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air. Untuk membuat kulit jeruk lemon sebagai obat jerawat alami, Anda harus menumbuknya terlebih dahulu hingga halus kemudian mencampurnya dengan air dan mengoleskannya ke bagian yang berjerawat. Tunggulah 15 menit sebelum membilasnya dengan air.

Mentimun mempunyai khasiat mendinginkan dan mengurangi peradangan pada jerawat, dan cara mengaplikasikannya pada kulit wajah sangat mudah, Anda hanya tinggal mengiris mentimun tersebut lalu menempelkannya pada wajah. Nah, tidak sulit bukan cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda coba di rumah?

Incoming search terms:

  • cara membunuh jerawat sampai ke akarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *