Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Buah naga merah telah diketahui memiliki banyak manfaat, dan di antara manfaat buah naga merah untuk kesehatan adalah menyeimbangkan kadar gula darah serta sebagai salah satu makanan sehat untuk penderita diabetes. Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan, sehingga kebutuhan gizi terpenuhi tanpa menaikkan kadar gula dalam darah. Buah naga merah bisa menjadi pilihan makanan, terutama saat kadar gula sedang tinggi dan harus dikontrol ketat.

 

Manfaat Buah Naga Merah untuk Penderita Diabetes

 

Buah naga merah telah diteliti manfaatnya untuk penderita diabetes. Sebuah studi oleh peneliti dari Universiti Putra Malaysia terhadap 28 penderita diabetes tipe 2 menunjukkan adanya penurunan kadar gula darah hingga 19% dan kadar trigliserida hingga 23% setelah 4 minggu pemberian 400 hingga 600 gram buah naga merah setiap hari. Hal ini membuktikan manfaat buah naga merah untuk penderita diabetes.

 

Selain khasiat penurunan kadar gula darah, buah naga merah juga memiliki kadar serat dan antioksidan tinggi. Buah ini juga mengandung vitamin seperti B1, B3, B12 dan C, yang berfungsi menjaga ketahanan dan fungsi tubuh, melindungi tubuh dari masalah pencernaan dan potensi kanker, serta menjaga kelenturan pembuluh darah.

 

Semua khasiat ini sangat diperlukan oleh penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2 yang tergantung pada pengaturan makanan untuk menjaga kondisi serta kadar gula darah. Jangan lupa untuk menyertai konsumsi buah naga dengan banyak minum air putih.

 

Memperoleh Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Penderita Diabetes

 

Dengan melimpahnya manfaat buah naga merah untuk kesehatan penderita diabetes, Anda harus tahu bagaimana cara mengonsumsi buah ini dengan tepat. Hasil penelitian di atas menunjukkan penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan setelah konsumsi sebanyak minimal 400 gram. Untuk menjaga kesehatan, Anda bisa mengonsumsi sekitar separuhnya, yaitu sekitar 200 hingga 250 gram buah naga merah per hari, digabung dengan makanan lain untuk menjaga kadar gula darah. Buah ini sebaiknya dimakan segar, karena jika dijus, gula alaminya akan terurai dan meningkatkan kadar gula darah.

 

Jika Anda mengalami periode kenaikan kadar gula darah yang cukup drastis, Anda bisa mengatasinya dengan berpindah sejenak ke diet buah naga merah. Misalnya, Anda bisa mengganti sarapan dan makan malam dengan sebutir buah naga merah seberat 250 gram, disertai dengan banyak air putih. Makanlah sayuran rebus seperti labu siam, bayam dan labu kuning untuk makan siang. Setelah sekitar seminggu, ukur kadar gula darah untuk melihat perubahannya.

 

Buah naga merah saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan jika Anda menderita diabetes, namun ketika kadar gula darah sedang memuncak, Anda bisa mengonsumsi buah ini setiap hari sampai kadar gula darah kembali menurun. Jika Anda menderita diabetes, Anda bisa mengambil manfaat buah naga merah untuk kesehatan dengan mengonsumsinya setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *