Manfaat Buah Naga untuk Diet Sehat Beserta Resepnya

Buah naga merupakan salah satu buah terbaik untuk diet, dan manfaat buah naga untuk diet sudah diteliti oleh berbagai institusi di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Cina, Meksiko dan Amerika. Buah naga sendiri memiliki rasa segar namun cenderung netral, kecuali buah naga merah yang sedikit manis. Akan tetapi, buah naga merah memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada buah naga putih, sehingga cocok dijadikan makanan diet.

 

Cara Mendapatkan Manfaat Buah Naga untuk Diet

 

Buah naga merah bisa dimakan begitu saj seperti buah kiwi, yaitu dengan dikupas atau dibelah dan dimakan dengan sendok. Akan tetapi, jika Anda bosan, Anda bisa memanfaatkan beberapa resep sehat untuk memeroleh resep buah naga untuk diet. Berikut beberapa cara mudah menikmati buah naga merah sebagai makanan diet:

  • Buah naga dan oatmeal. Oatmeal adalah sarapan diet sehat karena mengandung serat, vitamin B kompleks, vitamin D, dan karbohidrat kompleks. Anda bisa membuat oatmeal kemasan sesuai cara pembuatan di kemasannya, lalu memotong-motong buah naga bersama pisang dan ditaruh di atas oatmeal. Jangan menambahkan gula.
  • Buah naga dan yogurt. Yogurt skim tanpa gula bisa dinikmati dengan potongan buah naga di atasnya sebagai camilan sehat yang baik untuk pencernaan. Pastikan mengecek kandungan gula di dalam yogurt untuk memastikan Anda tidak memakan terlalu banyak gula.
  • Pasta pedas kulit buah naga. Kulit buah naga juga mengandung nutrisi dan serat yang baik untuk diet. Caranya, potong-potong kulit dari ½ buah naga yang sudah dicuci. Tumis ¼ bawang Bombay, 2 siung bawang putih dan 4-5 cabai rawit dengan sesendok makan minyak sehat atau margarin rendah lemak. Masukkan kulit buah naga dan tumis selama 2 menit sebelum memasukkan pasta seperti spageti. Aduk sambil menambahkan garam dan merica.
  • Salad buah naga. Manfaat buah naga untuk diet sehat bisa diperoleh bersama buah lain. Cukup potong-potong buah naga merah bersama pepaya, apel, anggur dan semangka, lalu kucuri dengan air perasan lemon atau jeruk nipis. Hidangan ini kaya vitamin dan serat, cocok untuk sarapan, makanan selingan, atau hidangan penutup sehat.

 

Karena rasa buah naga merah cenderung netral, berbagai resep sederhana ini bisa menjadi alternatif hidangan diet untuk membantu menurunkan berat badan.

 

Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan buah naga sebagai sarapan (terutama jika Anda tak bisa makan banyak di pagi hari), dan sertai dengan banyak minum air putih. Pasta buah naga bisa menjadi makan siang, yogurt sebagai selingan, dan salad buah sebagai makan malam. Lakukan diet sehat ini secara konsisten, dan dapatkan manfaat buah naga untuk diet sehat tanpa obat atau kelaparan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *