Manfaat Daun Sirsak dan Kulit Manggis Sebagai Obat Herbal

Tanah air kita memiliki beragam kekayaan hayati termasuk beragam tumbuhan herbal yang mempunyai khasiat penyembuh. Tumbuhan jamu yang kian populer saat ini adalah daun sirsak dan kulit manggis. Penelitian ilmiah ternyata menemukan banyak manfaat daun sirsak dan kulit manis untuk mengatasi berbagai penyakit. Kedua bahan herbal ini memiliki beragam kandungan zat yang memiliki khasiat penyembuhan bahkan untuk penyakit yang berbahaya.

 

Dahulu mungkin kita menyepelakan tumbuhan-tumbuhan herbal ini karena belum ada riset mendalam tentang khasiatnya. Tetapi saat ini industri jamu telah banyak menggunakan kedua bahan alami ini sebagai bahan utama pembuat jamu. Berikut ini adalah beragam manfaat daun sirsak dan kulit manggis.

 

Ragam Manfaat Daun Sirsak dan Kulit Manggis

 

Ragam manfaat daun sirsak dan kulit manggis berikut ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba mengatasi masalah kesehatan dengan menggunakan obat-obatan herbal.

 

Manfaat kulit manggis bagi kesehatan

 

Banyak orang yang menyebut buah manggis sebagai “queen of fruits” karena selain penampakannya yang eksotis, buah ini juga mempunyai banyak kandungan nutrisi seperti zat anitioksidan dalam dosis tinggi, vitamin C, B1,B2, kalsium, zat besi, xanthone, dan lain sebagainya. Zat yang disebut terakhir ini berkhasiat untuk mematikan penyakit tanpa merusak jaringan tubuh. xanthone juga mampu memperbaiki sel tubuh yang telah rusak sekaligus melindungi sel-sel yang sehat.

 

Kandungan zat ini yang tertinggi terdapat pada kulit buah manggis dan berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit jantung, hipertensi, trombosis, dan membersihkan plak pada pembuluh darah. Kulit manggis juga dapat mengobati penyakit kanker dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Jenis kanker yang dapat diobati dengan kulit manggis adalah kanker darah, kanker payudara, kanker kolon, kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker lambung.

 

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan

 

Selain buahnya bercitarasa lezat dan menyegarkan, daun sirsak juga mempunyai beragam kandungan zat yang mempunyai kandungan obat, terutama sebagai obat kanker. Daun sirsak diketahui dapat melawan lebih dari 12 jenis kanker di antaranya adalah kanker mulut rahim, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker pankreas, dan masih banyak lagi.

 

Kelebihan daun sirsak dalam mematikan sel-sel kanker dibandingkan pengobatan dengan kemoterapi adalah selektif dalam membasmi sel-sel kanker tanpa mematikan sel yang sehat. Selain itu, pengobatan herbal ini juga tak menyebabkan dampak negatif seperti efek samping kemoterapi seperti berat badan turun, kulit menjadi gelap, rambut rontok, mual, dan gangguan kesehatan lain.

 

Daun sirsak juga dikatakan mampu bekerja 10 ribu kali lebih kuat dalam membasmi sel-sel kanker bila dibandingkan dengan pengobatan kanker secara medis. Tak hanya daunnya, buah sirsak sendiri juga dapat digunakan sebagai bahan jamu karena memiliki kandungan antijamur, antibakteri, dapat mematikan beberapa jenis parasit dan cacing, dapat menurunkan tekanan darah, menormalkan sistem syaraf, dan mampu mengatasi depresi.

 

Untuk memperoleh manfaat daun sirsak dan kulit manggis secara optimal dalam menyembuhkan penyakit dibutuhkan cara mengolah yang tepat agar kandungan zat pada tumbuhan herbal tersebut tak rusak atau hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *