Obat Jerawat Ampuh: Metode Medis dan Tradisional

Rasa-rasanya tak ada orang di dunia ini yang tak pernah mengalami yang disebut jerawat. Penyakit kulit yang satu ini memang kerap membuat kesal karena dapat menghilangkan rasa percaya diri seseorang baik wanita maupun pria. Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat sehingga untuk menemukan obat jerawat yang paling ampuh harus ditemukan dahulu akar permasalahan agar pengobatan dapat dilakukan dengan cara yang paling tepat.

 

Apa Itu Jerawat dan Obat Jerawat

 

Dalam bahasa kedokteran, jerawat dikenal dengan istilah acne atau acne vulgaris, yaitu gangguan pada kulit yang dipicu oleh tersumbatnya pori-pori oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang kemudian terinfeksi oleh bakteri. Komedo yang disebut black heads dan white heads juga dapat digolongkan sebagai salah satu jenis jerawat. Jangan mengira bahwa jerawat hanya dapat tumbuh pada bagian wajah, karena pada beberapa orang jerawat juga dapat timbul pada bagian punggung, dada, pergelangan tangan bagian atas, dan tubuh bagian belakang.

 

Jerawat pada umumnya terjadi pada remaja yang menginjak masa puber tetapi tak menutup kemungkinan pula terjadi pada orang-orang dewasa hingga anak-anak. Ada berbagai macam penyebab yang memicu tumbuhnya penyakit kulit ini.

  • Faktor hormonal

Fase perubahan hormon yang diikuti dengan matangnya organ reproduksi pada remaja dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat pada usia pubertas. Selain itu jerawat juga dapat timbul menjelang masa menstruasi pada wanita atau saat tengah mengandung. Semua fase ini melibatkan perubahan hormon pada tubuh wanita.

  • Faktor Genetik

Jenis kulit yang mudah berjerawat dapat pula diturunkan secara genetik dari orang tua kita.

  • Faktor Psikis

Beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa tekanan atau stres dapat pula memicu tumbuhnya jerawat. Meskipun demikian hal itu masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

  • Bakteri

Pada kulit kita terdapat bakteri P.acne yang sebenarnya tak berbahaya. Tetapi bakteri ini dapat memicu peradangan jika pori-pori kulit kita melebar dan tertutup oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati.

  • Kosmetik

Saat menyarankan suatu obat jerawat tertentu, ada dokter yang melarang penggunaan beberapa jenis kosmetik karena dapat membuat jerawat semakin parah. Jenis-jenis kosmetik tersebut adalah lanolin, isopropyl Myristate, minyak, mineral oil, pewarna sintetis, parfum, dan talc. Penggunaan bahan-bahan tersebut pada kadar melebihi dosis yang dianjurkan juga dapat membawa efek buruk bagi organ dalam seperti kecenderungan munculnya sel kanker atau kerusakan yang lain.

 

Untuk mengatasi jerawat terdapat dua macam alternatif obat jerawat ampuh yaitu pengobatan secara medis atau pengobatan secara alami dengan bahan-bahan herbal. Tetapi sebelumnya akan lebih baik bila Anda mengetahui jenis-jenis jerawat agar dapat menentukan terapi pengobatan jerawat yang tepat bagi masalah kulit Anda tersebut.

 

 

Jenis-Jenis Jerawat dan Pengobatan Jerawat

 

Jerawat batu

 

Karakteristik jerawat batu adalah tumbuh besar-besar, bergerombol, dan meradang hingga berwarna merah. Secara medis jenis jerawat ini disebut sebagai cystic acne yang disebabkan oleh produksi minyak yang abnormal dari kelenjar minyak ditambah regenerasi kulit yang lambat. Bila jerawat telah sembuh biasanya akan meninggalkan bekas berupa scar. Rekomendasi pengobatan untuk jenis jerawat ini adalah dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

 

Komedo

 

Komedo berbentuk bintik-bintik hitam atau putih yang terlihat “tertanam” di bawah permukaan kulit pada daerah hidung, kening, atau dagu. Komedo terbuka terlihat seperti bintik-bintik hitam pada pori-pori kulit, sementara komedo tertutup terlihat seperti benjolan kecil berwarna putih. Rekomendasi pengobatan untuk komedo, obat jerawat manjur yang banyak digunakan adalah putih telur ayam; dengan langkah berikut:

  • Kocok putih telur ayam hingga berbusa
  • Celupkan sepotong kapas kemudian tempelkan pada bagian yang berkomedo
  • Saat sudah kering, angkat kapas perlahan-lahan sehingga komedo tercabut pada kapas tersebut.

 

Jerawat juvenil

 

Jerawat juvenil adalah jerawat yang terjadi pada remaja di usia pubertas yaitu mulai dari 13 hingga 18 tahun. Gangguan kulit ini terjadi karena faktor hormonal yaitu belum stabilnya kelenjar minyak pada kulit memproduksi sebum. Rekomendasi pengobatan untuk jerawat ini adalah rajin membersihkan wajah dengan sabun muka ber-PH seimbang.

 

Demikianlah beberapa jenis jerawat yang umum menyerang kita. Sebenarnya masih ada lagi jenis-jenis jerawat lain tetapi pada umumnya dipicu oleh kelainan kulit seperti jerawat vulgaris, jerawat rosacea, dan jerawat nitrosica.

 

Obat Jerawat Alami dan Manjur

 

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mengatasi jerawat dapat juga digunakan bahan-bahan herbal berkhasiat yang pada umumnya berharga murah dan berada di sekitar kita. Obat jerawat alami tentu dapat menjadi solusi bagi Anda yang tak mempunyai dana berlebih untuk berobat ke klinik kulit atau salon kecantikan yang mahal. Bahan-bahan herbal berkhasiat yang digunakan adalah yang mengandung zat anti bakteri, anti jamur, antibiotik alami, anti inflamasi, vitamin C berdosis tinggi, lycopen, dan antioksidan.

 

Buah-buahan dan bahan herbal yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat jerawat manjur adalah buah-buahan dan sayuran berupa pepaya, jeruk nipis, alpukat, tomat, mentimun, kentang, kulit jeruk, kulit pisang, dan kulit manggis. Tanaman rimpang berupa temulawak, kunyit, dan kencur. Bahan-bahan herbal lain yang meliputi minyak pohon teh, bawang putih lidah buaya, minyak zaitun, cuka apel, parutan jagung, daun mint, oatmeal, dan madu. Beberapa orang juga mempercayai bahan-bahan yang sering ada di rumah seperti pasta gigi, baking soda, es batu, dan menguapi wajah dengan uap air panas dapat meringankan jerawat.

 

Cara untuk mengaplikasikan bahan-bahan herbal di atas cukup mudah, Anda hanya tinggal mengolahnya menjadi masker atau mengoleskannya langsung pada bagian wajah yang berjerawat. Selain menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai pengobatan alami masalah jerawat Anda, sebaiknya terapkan juga pola hidup yang sehat dan bersih dalam keseharian Anda sebagai tindakan antisipasi atau pun agar jerawat yang tumbuh pada wajah cepat sembuh kembali.

Tips Pengobatan Jerawat di Rumah

 

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi jerawat dengan praktek atau pola perawatan wajah yang tepat.

 

  • Jangan menyentuh atau memencet jerawat; sangat sedang berjerawat sebaiknya jangan disentuh atau bahkan dipencet karena kebiasaan buruk ini dapat membuat masalah jerawat Anda semakin parah. Jerawat yang dipencet setelah sembuh meningkatkan potensi timbulnya bekas seperti flek hitam atau parut. Cairan jerawat yang mengenai kulit yang sehat juga dapat menimbulkan infeksi baru sehingga jerawat bisa semakin bertambah banyak.

 

  • Dalam keseharian Anda sebaiknya minimalkan penggunaan kosmetika untuk mengantisipasi sumbatan yang semakin parah pada pori-pori kulit.

 

  • Gunakan sabun wajah ringan atau pembersih wajah yang mengandung obat jerawat dan bersihkan wajah maksimal dua atau tiga kali sehari setiap pagi saat bangun tidur, dan menjelang tidur malam. Membersihkan wajah terlalu sering justru akan membuat minyak alami wajah banyak terkikis dan akibatnya jerawat Anda bisa semakin parah.

 

  • Cobalah untuk rileks dengan berolahraga yoga atau rekreasi untuk mengurangi jerawat, karena menurut beberapa ahli stres juga dapat memicu gangguan kulit ini.

 

  • Mandilah minimal dua kali sehari dengan sabun antiseptik terutama bagi Anda yang memiliki masalah jerawat pada punggung atau area lain selain wajah.

 

  • Konsumsilah air putih dalam jumlah yang dianjurkan agar kesehatan kulit tetap terjaga sekaligus tetap lembab karena cukup terhidrasi. Upaya ini juga dapat menjadi obat jerawat ampuh karena tercukupnya konsumsi air akan menghindarkan retak-retak pada kulit yang kering sehingga rentan terhadap infeksi bakteri terutama bakteri penyebab jerawat.

 

  • Untuk mendapatkan manfaat lebih dari perawatan dari dalam ini, minumlah air putih yang dicampur madu atau air putih hangat yang dicampur perasan jeruk nipis dan jeruk lemon setiap setelah bangun tidur di pagi hari.

 

  • Bila mempunyai jenis kulit yang berminyak, Anda dapat menyemprot wajah dengan air beberapa kali dalam sehari untuk mengurangi kadar minyak sekaligus meluruhkan sel-sel kulit mati. Saat ini di pasaran banyak tersedia penyegar instan yang cocok bagi Anda.

 

  • Sebagai perawatan dari dalam sebaiknya kurangi konsumsi makanan berlemak tinggi atau berkadar gula tinggi yang dapat memicu jerawat atau memperparah jerawat pada wajah Anda. Hindari pula gorengan dan fastfood pada menu makanan harian Anda.

 

  • Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar yang kaya vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus mempunyai dampak positif bagi kulit kita.

 

Terapi Obat Jerawat Secara Dermatologis

 

Selain menggunakan cara alami, bila kondisi jerawat kian parah, seharusnya Anda segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis. Berikut ini adalah obat jerawat dengan menggunakan prosedur kedokteran.

  • Mikrodermabrasi; Perangkat yang digunakan untuk pengobatan ini adalah semacam sikat berkecepatan tinggi atau semprotan kristal berukuran kecil. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk menghilangkan bekas luka dan mengurangi kedalaman scar akibat jerawat. Yang jelas Anda harus melakukan kunjungan berulang untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

  • Laser; dengan metode pengobatan menggunakan laser, pasien dapat dihilangkan lapisan kulit luar bekas jerawat, area yang berwarna kemerahan, dan menghapus noda hitam. Dibutuhkan waktu beberapa hari untuk pemulihan terapi ini.

 

  • Facial; dalam bahasa awam sering dikatakan cuci muka, berkhasiat untuk menghilangkan lemak, jerawat, dan komedo sehingga kulit menjadi bersih dan mulus. Tetapi sebaiknya Anda melakukan prosedur ini pada klinik kulit dengan tenaga kompeten agar tidak terjadi efek samping yang justru merusak kulit wajah Anda. Sangat penting melakukan facial di bawah pengawasan dokter untuk memastikan bahwa terapi penyembuhan ini dilakukan dengan benar dan dengan alat-alat yang steril untuk menghindari penyebaran penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

 

  • Chemical Peels; secara awam chemical peels dapat dijelaskan sebagai terapi penyembuhan jerawat dengan cara mengelupas lapisan kulit paling atas agar sel kulit terangsang untuk menumbuhkan sel kulit baru yang lebih sehat. Dengan demikian, bekas jerawat seperti scar atau bintik hitam pun akan hilang. Pada saat pertama kali setelah perawatan selesai dilakukan Anda mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman karena kulit menjadi tipis dan sensitif. Pada pasca terapi sebaiknya Anda juga menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Tetapi setelah seminggu kemudian kulit Anda akan menjadi lembut dan bonusnya keriput juga akan lenyap dari wajah Anda.

 

Jika jerawat yang timbul pada wajah Anda bukanlah jerawat parah, pada umumnya dokter akan menggunakan obat jerawat berbentuk krim untuk mengatasi permasalahan ini. Krim-krim yang disarankan biasanya adalah yang mengandung retin-A, isotretinoin, asam salisilat, atau benzoil peroksida. Pada beberapa kasus dokter juga akan meresepkan antibiotika sebagai pengobatan dari dalam untuk masalah jerawat ini. Beberapa tips berikut dapat membantu Anda dalam menggunakan obat luar untuk jerawat.

 

Agar obat tersebut benar-benar memberikan manfaat optimal bagi Anda, jangan lupa memeriksa keamanan obat dengan memastikan terdapat legalitas dari BPOM dan tanggal kadaluarsa yang belum terlewati. Baca aturan pakai dengan teliti untuk menghindari efek samping seperti aturan pakai, kontra indikasi, indikasi, dan semacamnya. Beberapa krim memerlukan resep dokter untuk dapat membelinya, dan sebaiknya Anda tak nekat membelinya bila tanpa resep untuk menghindari hal yang tak diinginkan seperti terjadinya efek samping.

 

Pilihan Obat Jerawat Tradisional

 

Nenek moyang kita sesungguhnya juga meninggalkan warisan dalam merawat kesehatan dan kecantikan dengan resep tradisional. Di antaranya adalah obat jerawat tradisional yang diolah dari bahan alami. Berikut ini adalah beberapa resep yang dapat Anda coba di rumah.

 

Resep 1: Ramuan Kunyit

 

obat jerawat dengn ramuan kunyit

obat jerawat dengn ramuan kunyit

Bahan yang harus Anda siapkan adalah bubuk kunyit, bubuk kayu cendana, dan jus lemon secukupnya. Campur semua bahan hingga menjadi berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada bagian wajah yang berjerawat (tak perlu ke sluruh wajah). Diamkan selama 15 menit kemudian bilas wajah hingga sisa ramuan bersih. Obat tradisional ini mempunyai efek pembersih sekaligus mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

 

Resep 2: Ramuan Cuka Apel

 

Cuka apel selain menyehatkan tubuh juga berkhasiat sebagai obat jerawat manjur. Siapkan ¼ gelas air mineral dan satu tutup botol cuka apel. Campur kedua bahan hingga merata lalu celupkan kapas steril untuk kemudian diusapkan pada bagian wajah yang berjerawat. Sebelum melakukan perawatan ini jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu agar obat herbal ini dapat bekerja lebih optimal. Lakukan perawatan wajah ini setiap malam menjelang tidur, dan baru bersihkan cuka apel dari wajah Anda keesokan harinya.

 

Resep 3: Ramuan Kunyit dan Air Kelapa Muda

 

obat jerawat dengan air kelapa

obat jerawat dengan air kelapa

Pada resep ketiga ini bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah satu gelas air kelapa muda, dan 15 gram kunyit bubuk atau pasta kunyit. Berikut tahapannya:

  • Campurkan kedua bahan kemudian diamkan selama satu malam
  • Setelah semalaman Anda simpan, keesokan harinya tambahkan 3 sendok teh bubuk kayu cendana merah dan aduk sampai rata
  • Diamkan ramuan selama 3 hari kemudian setelah 3 hari saring ramuan dengan kain kasa.
  • Simpan ramuan tradisional ini pada botol kaca bersih berpenutup.
  • Jika pada wajah Anda ditumbuhi jerawat, gunakan ramuan ini untuk mengobati jerawat dengan cara langsung dioleskan pada jerawat. Gunakan 2 kali sehari hingga jerawat mengering dan sembuh.

 

Bila Anda tak punya cukup waktu untuk menyiapkan ramuan obat jerawat sebagaimana resep di atas ada cara yang lebih praktis yang dapat Anda lakukan yaitu mencuci wajah secara teratur menggunakan air kelapa muda. Lakukan perawatan ini menjelang tidur malam, kemudian keringkan wajah dengan tisu. Diamkan semalaman lalu bilas bekas air kelapa keesokan harinya saat Anda bangun tidur.

 

Resep 4: Ramuan Kencur

 

kencur obat jerawat

kencur obat jerawat

Pada resep ke empat ini Anda cukup menyiapkan kencur secukupnya yang dicuci bersih kemudian dipotong hingga terlihat bagian dalamnya. Gunakan daging kencur untuk mengobati jerawat dengan cara langsung dioleskan pada bagian kulit yang berjerawat. Diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Setelah itu bilas wajah kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

 

Demikianlah beberapa obat jerawat tradisional yang dapat Anda coba di rumah. Selain bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan, penggunaan bahan-bahan herbal alami juga akan meminimalkan terjadinya efek samping yang mungkin merugikan kesehatan Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *